4 Faktor Penentu Kelulusan Ujian Nasional


TEMPO.CO, Jakarta: Pengamat pendidikan Saufi Sauniwati mengatakan ada empat faktor penentu kelulusan ujian nasional. Selama ini murid hanya berpatokan bagaimana cara mengejar nilai setinggi-tingginya. Namun ada faktor penentu lainnya.

Pertama tentu saja akademik. Ini kaitannya dengan seberapa sering anak berlatih soal,” ujar Saufi usai peluncuran situs http://www.latihanujian.com di Jakarta, Selasa 26 Maret 2013. Sebab menurut dia, semakin sering berlatih soal, akan menjembatani memori anak terhadap materi ujian.

Faktor kedua adalah strategi teknis. “Strategi adalah analisa anak terhadap soal yang dikerjakan. Melalui analisa, anak bisa mengetahui di titik mana kelemahannya dalam menguasai materi,” ucap Saufi.

Berikutnya ketiga adalah motivasi. “Hal ini juga dipengaruhi oleh orang tua. Banyak anak sebetulnya pintar namun tidak memiliki motivasi,” katanya.

Faktor keempat adalah nutrisi. Faktor ini, menurut Saufi, justru sering ditemui di perkotaan. “Orang tua yang sibuk, memberikan nutrisi anaknya junk food. Padahal ini kurang baik bagi perkembangan otak, yang mempengaruhi kecerdasan,” ujar Saufi.

Dia mengingatkan para orang tua agar membuat anaknya fokus ketika menghadapi Ujian Nasional. Orang tua diharapkan intensif memantau pola belajar berikut kekurangannya. “Orang tua juga wajib mengevaluasi apakah materi latihan soal ujian bagi anaknya sudah layak atau belum.”

SATWIKA MOVEMENTI

sumber : tempo.co

Baca juga :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s