SEJARAH


Berdiri sejak tahun 1937,  SR Muhammadiyah Kauman telah membina calon-calon pemimpin penerus perjuangan bangsa. Alumninya telah tersebar di berbagai penjuru negeri di dunia.

Pada masa itu SR Muhammadiyah Kauman mengalami berkali-kali pindah lokasi dari rumah ke rumah hingga akhirnya lokasi di Jl. Trisula III/1 Kauman Surakarta menjadi pemberhentian terakhir.

Tahun 1980, Ibu Salamah Ma’ful mewakafkan tanahnya kepada Muhammadiyah sebagai salah satu “muslim organization” atau organisasi muslim yang sedang berkembang saat itu untuk dipergunakan sebagai pengembangan SD Muhammadiyah 2 Surakarta ini, dengan para saksi antara lain : Bapak H. Ali Atmodjo (alm), Bapak H. Abdulloh Affandi (alm), dan Bapak Haji Muchsony(alm).

Yang kemudian hingga sekarang bangunan tersebut menjadi Gedung Utama/Gedung I yang terdiri dari 2 lantai, 6 ruang kelas, 1 ruang guru utama, sebagai pusat kegiatan KBM, baik Kurikulum, Kesiswaan, Sarana dan Prasarana, Islam Kemuhammadiyahan, Administrasi.

Mengingat perkembangan SD Muhammadiyah 2 yang sangat pesat dan mendesak, maka dengan prakarsa Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kauman bersama Dewan Penyantun SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta memberanikan diri untuk membuka kelas paralel dua kelas mulai tahun 1993.

Kemudian tahun 1995 Pimpinan Ranting Muhammadiyah dengan Dewan Penyantun mengontrak rumah milik Bapak Ir. M. Taufiq Rahim (sebelah utara Jl. Trisula) untuk penambahan lokal ruang kelas, Musholla, dan Gudang.

Dan pada tahun 1999/2000, SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta membuka tambahan kelas I menjadi parelel tiga kelas.

Berkat petunjuk Allah SWT. pada tahun 1999 dari Bapak Dr. H. Muhammad Thamrin untuk Bapak/Ibu Ngubaidi telah mengikrarkan/mewakafkan tanah untuk pengembangan SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta.

Pembangunan Gedung II ditanggani oleh Panitia, yaitu :

Bp. H. Muchsony, Bp/Ibu H. Widodo Muhtar, Ibu Ir.Hj. Rufaida Qisti Rustiono, Bp. Ir. M. Yusuf Muttaqien, Ibu Hj. Ir. Sobriyah, Ibu Hj. Dra. Fitriyah, bersama Sekolah dan beberapa Panitia ikut berpartisipasi atas Pembangunan SD Muhammadiyah 2 berlantai III tersebut.

Terdiri dari 3 lantai, 9 ruang kelas, 3 ruang guru, tiap lantai terdapat wc/tiolet yang memadai. Gedung ini berada di selatan gedung Utama berselang rumah penduduk

Ketika kebutuhan ruang dan minat masyarakat yang semakin meningkat, maka pembangunan Gedung kampus ke III yang berada di sebelah barat Gedung II ini pun digiatkan sejak tahun 2005. Lewat perjuangan yang begitu berat dari para siswa, orang tua, guru dan karyawan, masyarakat sekitar, Majelis Dikdasmen serta bantuan yang tidak terkira dari alumnus, bersama-sama bahu-membahu merealisasikan bangunan gedung kampus ke III, mulai dari pembebasan lahan selama 3 tahun,  pembangunan hingga lantai dua, sampai dengan finishing lantai tiga, sehingga tahun 2011 kelas II pun dapat ikut merasakan pembelajaran di pagi hari yang selama hampir sekian puluh tahun lamanya pembelajaran kelas II dimulai siang hari. Peresmian Gedung III ini diresmikan penggunaan oleh beliau Bp. Drs. H. Muh. Muhajir, selaku pejabat eselon di Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang juga merupakan alumnus dari SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta.

Alhamdulillah, bertepatan pada tanggal 31 Januari 2016, Bapak Prof. Drs. H. Amien Rais, berkenan  meresmikan serta menandatangani prasasti telah selesainya pembangunan Mushola Gedung III serta dimulainya Kantin Sehat untuk anak.  Gedung yang diharapkan bisa memberikan tambahan fasilitas buat pendidikan yang lebih nyaman dalam beribadah dan tercukupinya kebutuhan gizi anak.

Sejak berdiri, SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta telah menunjukkan eksistensinya sebagai SD Muhammadiyah Surakarta yang diminati masyarakat. Sistem pendidikan yang menggabungkan Ilmu Agama dan Ilmu Pengetahuan menjadikan Pendidikan Agama sebagai ciri khusus yang dikembangkan. Perkembangan minat masyarakat dapat kita lihat dari berkembangnya jumlah kelas yang sekarang dipergunakan. Paralel 3 ruangan untuk masing-masing kelas, dari kelas satu hingga kelas 6, dengan jumlah murid lebih dari 600 siswa, dan rata-rata perkelas 30–40 anak. Dan diharapkan di akhir 2017 akan ada tambahan pembangunan ruangan kelas untuk mensiasati meningkatnya animo masyarakat untuk bergabung menjadi keluarga besar SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta ini.

Berbagai kejuaraan diikuti, trophi dan penghargaan berjejer rapi, membuktikan bahwa potensi yang dimiliki SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta cukup tinggi. Begitu juga dengan lulusan yang banyak diterima di SLTP favorit. Banyak para alumnus SD Muhammadiyah 2 Surakarta yang dapat dibanggakan. Tidak sedikit dari mereka memiliki andil begitu besar dalam pengembangan SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta.

Hal tersebut bukan berarti SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tidak menghadapi kendala. Hambatan-hambatan tersebut tak mungkin bisa dilewati dan terselesaikan tanpa bantuan dari segenap pihak, baik dari Masyarakat sekitar, Komite, Majlis Pendidikan Muhammadiyah, Pimpinan Ranting Muhammadiyah, para Alumnus, Orang Tua Murid dan segenap pihak yang mendedikasikan baik waktu, pikiran serta hartanya bagi Perjuangannya menjadikan Sekolah Dasar ini menjadi yang terbaik dalam mendidik calon-calon penerus bangsa.

Maju Terus SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, Semoga Terus Maju dan Berkarya. Menjadi SD Muhammadiyah Surakarta Unggulan baik Nasional maupun Internasional. Alumninya menjadi kebanggaan orang tua, agama, nusa bangsa serta negara dan menjadi insan-insan Muhammadiyah yang terbaik di masanya …

Semoga Semua Amal Jariyah yang telah dititipkan di amal usaha Muhammadiyah ini menjadi tabungan yang tiada henti hingga hari kiamat nanti, kelak menjadi pelindung dari siksa api neraka.

Allahumma Amiin …

by admin

One thought on “SEJARAH”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SD Islam Muhammadiyah Unggulan Surakarta. Terpadu dan Berciri Khusus. Terdepan dalam prestasi, amaliah dan beraklaqul karimah

%d blogger menyukai ini: