Yang Seharusnya Kalian Tahu Tentang BARCODE


sample-1d-barcode1Barcode adalah Suatu Kumpulan Data Optik yang dibaca Mesin. Dalam Bahasa Indonesia Barcode diterjemahkan sebagai Kode Batang. Sebenarnya, Kode Batang ini mengumpulkan Data dalam Lebar (Garis) dan Spasi Garis Paralel dan dapat disebut sebagai Kode Batang atau Simbologi Linear atau 1D (1 dimensi). Tetapi juga memiliki bentuk Persegi, Titik, Heksagon dan bentuk Geometri lainnya di dalam Gambar yang disebut Kode Matriks atau Simbologi 2D (2 dimensi). Selain tak ada Garis, Sistem 2D sering juga disebut sebagai Kode Batang.

Barcode merupakan cara yang Cepat, Mudah dan Akurat untuk Memasukkan dan Mengambil Data. Barcode berisi Nomor Referensi yang akan menghubungkan Data yang bersangkutan ke File Komputer. Barcode digunakan untuk membaca Kode tertentu sehingga Proses Penginisialisasian suatu Barang menjadi Mudah dan Cepat. Contoh yang paling sering ditemui dalam Pemanfaatan Barcode adalah pada Pasar Swalayan atau Super Market. Saat ini, Teknologi Barcode telah diadopsi oleh banyak Instansi guna memudahkan Kerja mereka.

Lanjutkan membaca “Yang Seharusnya Kalian Tahu Tentang BARCODE”

Menampilkan Foto Anda Pada Komentar


Tip trik sederhana agar muncul foto anda ketika membuat comment di wordpress. Caranya adalah mendaftarkan diri anda di Gravatar.com. Cara kerjanya, Gravatar akan mendeteksi alamat email yang anda masukkan saat menuliskan komentar, kemudian memunculkan foto anda ketika anda membuat comment di wordpress karena wordpress mendukung fungsi gravatar.

Berikut, step-stepnya:

Langkah 1

Menuju alamat Gravatar.com

Klik tulisan Get your Gravatar today di bagian kiri halaman.

Langkah 2

Isi email anda sebagai syarat pendaftaran, klik Signup

Langkah 3


Konfirmasi pendaftaran Gravatar telah dikirim ke email anda.

Buka email anda dan temukan email konfirmasi dari Gravatar. Di situ ada link, klik link nya ya! untuk mengaktivasi Gravatar anda.

Langkah 4


Tuliskan Nickname serta Password, kemudian klik Signup

Langkah 5


Sekarang Gravatar anda dah jadi!, baca di situ ada keterangan tambahan: Untuk menambahkan alamat email anda, klik tulisan add a new email. Sedangkan untuk memasukkan foto, klik tulisan Add one by clicking here!

Silahkan mencoba.

dipostkan oleh Admin

Klik tulisan Get your Gravatar today di bagian kiri halaman.Langkah 2

Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dari Generasi Ke Generasi …. [Bagian 4]


III.  KOMPUTER GENERASI KETIGA (3)

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958.

IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya,  komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.  Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.