Kemdikbud Bersama Komisi X DPR RI Sosialisasi Kurikulum 2013


Sambas — Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas,  Kalimantan Barat, Kemdikbud bersama   Komisi X DRR RI melakukan sosialisasi Kurikulum 2013, Sabtu, 9 Maret 2013.

Dalam sosialisasi ini, Mendikbud didampingi sejumlah pejabat Kemdikbud, sedangkan dari Komisi X DPR RI hadir Zulfadhli, dari Fraksi Golkar dan Albert Yaputra dari Fraksi Demokrat.

Di depan 300 peserta sosialisasi yang terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas dari 17 kecamatan sekabupaten Sambas, Mendikbud menjelaskan, bahwa perbaikan kurikulum merupakan bagian dari peningkatan delapan standar nasional pendidikan.   Ada empat standar yang diperbaiki dalam Kurikulum 2013, yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar evaluasi.

“Kalau masyarakat memperbolehkan dilakukan perbaikan keempat standar itu, kenapa melarang perbaikan kurikulum, padahal kurikulum mencakup keempat standar tersebut,” papar M.Nuh.

Kurikulum 2013 ini, kata Mendikbud, akan memperbaiki sikap generasi penerus kita oleh karena standar kompetensi lulusannya ditekankan kepada pembentukan sikap. “Manusia dikatakan manusiawi jika bersikap seperti layaknya manusia. Kurikulum 2013 menekankan pada perbaikan sikap manusiawi ini,” papar mantan Rektor ITS ini.

Ketika ditanya komentarnya usai sosilisasi, Albert Yaputra menyatakan bahwa para guru telah siap untuk dilatih Kurikulum 2013. “Harus segera dilakukakan pelatihan gurunya,” saran Anggota Komisi X DPR RI dari Dapil di Kalimantan Barat tersebut. (IH)

sumber

Tinggalkan komentar