SD Muhammadiyah 2 Solo, Juara 1 Kompetisi Sains Nasional (KSN)


Muthia Sallama Diany, siswa kelas 5B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta berhasil menempati juara 1 bidang IPA dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) Korwil 2 Kecamatan Pasarkliwon tingkat Sekolah Dasar. KSN dilaksanakan hari Kamis, 20 Februari 2020 di SDN Mojo, Pasarkliwon, Surakarta. KSN diikuti 32 sekolah se-Kecamatan Pasarkliwon. Setiap sekolah mengirimkan 1 wakilnya untuk bidang IPA dan 1 bidang Matematika.
Selain Muthia, SD Muhammadiyah 2 Kauman, Surakarta juga mendapat juara 2 bidang matematika yang diraih Bima Fathin Dzulhannan (kelas 5B). Guru pembimbing KSN Ibu Erni Mujiyati, S.Pd. hari ini juga ikut mendampingi siswa tersebut saat berkompetisi. Selamat untuk para juara SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta.

Juara IPA
1. SD Muhammadiyah 2
2. SD Muhammadiyah 24
3. SD Sunan Kalijaga
Harapan 1. SD Kanisius Keprabon

Juara Matematika
1. SD Pangudiluhur 1
2. SD Muhammadiyah 2
3. SD Pangudiluhur 2
Harapan 1. SD N Dadapsari
Harapan 2. SD Muhammadiyah 23
Harapan 2. SD N SampanganWhatsApp Image 2020-02-20 at 14.01.20

Bukber dan Pengesahan Tahfidz SD Muhammadiyah 2 Kauman


Selasa (28/5), SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta menggelar Pengesahan Tahfidz Juz Ke-30 sebanyak 66 siswa yang pesertanya berasal dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang telah lolos seleksi sebanyak dua kali. Seleksi pertama dilakukan oleh guru agama di jenjang kelas masing-masing. Selanjutnya peserta dibimbing untuk kemudian diseleksi oleh tim yang menangani bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Tim ini dikomandani Ustadzah Siti Rosyidah,S.Pd.

Setelah peserta lolos seleksi, mereka ditest lagi oleh majelis DIKDASMEN PDM Kota Solo. Pada tanggal 18 Mei 2019 telah dilakukan test dari Majlis DIKDASMEN PDM Kota Solo oleh ustadz Wahid Ismanto dan Ustadz Mukhorrobin. Siswa kelas 3 Ibrohim Erca Fakhriy  yang telah hafal 3 juz ( Juz yang ke-28,29 dan 30).

kegiatan buka bersama dan pengesahan tahfidz juz ke 30 ini untuk menjalin silaturahmi antara SD Muhammadiyah 2 Kauman, Solo dengan lingkungan sekitar, dinas dan dengan TK rekanan. Selain itu kegiatan ini juga sebagai wujud apresiasi untuk anak-anak yang telah bekerja keras menghafal Juz 30.

Suyanto, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Kauman, Solo menyampaikan dalam sambutannya mengatakan, “Acara ini juga untuk menggembirakan anak-anak yang telah bekerja keras menghafal dan melewati rangkaian test.”

Kegiatan yang dilakukan di hall kampus III SD Muhammadiyah 2 Kauman, Solo ini selain dihadiri oleh kepala Korwil 2 Pasarkliwon, Sunaryo, M.Pd juga dihadiri dari pimpinan majlis DIKDASMEN PDM Kota Solo, perangkat desa Kauman dan masyarakat sekitar sekolah.

Sunaryo mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada SD Muhammadiyah 2 Kauman, Solo karena sudah membantu program pemerintah yaitu mencerdaskan anak bangsa sedini mungkin dan berlandaskan iman dan takwa.

“Saya ucapkan selamat dan terimakasih kepada SD Muhammadiyah 2 SD Kauman, Solo yang telah membantu menyukseskan program pemerintah yaitu mencerdaskan anak bangsa sedini mungkin berlandaskan iman dan takwa “paparnya.

Drs. Tenang Pranata yang mewakili majlis DIKDASMEN PDM Kota Solo mengungkapkan kebanggaannya kepada SD Muhammadiyah 2 Kauman yang telah mewisuda 66 siswa tahfid Juz 30.

“Hari ini kami bangga kepada SD Muhammadiyah 2 Kauman, karena sukses mewisuda 66 siswanya yang tahfid juz 30. Kami juga mengucapkan terimakasih pada seluruh civitas SD Muhammadiyah 2 Kauman Solo, semoga anak-anak kita ini menjadi anak yang dapat menyejukkan hati kita,” ungkap Tenang.

“Jadilah apa yang kamu mau, tapi jangan lupa menghafal Al-Qur’an”.

Berita ini dimuat juga di https://www.soloposfm.com/20190529/sd-muhammadiyah-2-kauman-gelar-pengesahan-tahfidz-al-quran-juz-30-12503

http://www.majalahlarise.com/2019/05/sd-muhammadiyah-2-kauman-surakarta.html

SD Muh 2 Kauman, Mendongkrak Prestasi dengan Bedah Kisi-kisi


                SD Muhammadiyah 2 Kauman Solo mengadakan bedah kisi-kisi USBN 2019 bersama Drs. H. Priyono, M. Pd dan ibu Prapti Handayani, S. Pd., M.Pd pada Sabtu (16/2/2019). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru serta sebagai upaya persiapan menghadapi USBN 2019 pada April mendatang.

             Kepala sekolah SD Muhammadiyah 2 Kauman Solo, Suyanto dalam sambutannya mengungkapkan bahwa bedah kisi-kisi ini adalah kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk kesungguhan bahwa SD Muhammadiyah 2 Kauman Solo berkomitmen untuk terus meningkatkan prestasi.

          Lanjutkan membaca “SD Muh 2 Kauman, Mendongkrak Prestasi dengan Bedah Kisi-kisi”