Mendikbud Ajak Sekolah-Sekolah Lebih Melibatkan Orang Tua


aniesMuhaka Online — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak sekolah-sekolah lebih melibatkan peran orang tua dalam proses pendidikan. Selama ini, menurut Anies, ketika sekolah mengundang orang tua, persepsi yang muncul di benak para orang tua adalah terkait dengan sumbangan. Hal itu perlu diubah dan pelibatan orang tua harus ditingkatkan. Hal-hal tersebut diungkapkan Mendikbud di hadapan guru-guru dan kepala sekolah di Auditorium Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Mataram, Senin (8/2/2016) kemarin.
“Ini perlu diubah, undang orang tua untuk bicarakan masalah substansi pendidikan anak-anak, tulis di undangan tersebut tidak dimintai sumbangan,” kata Anies. Ketika orang tua dikumpulkan, hal-hal yang dibahas adalah upaya menyinkronkan pendidikan di sekolah dan di rumah.

Sinergi antara sekolah dan orang tua sangat penting untuk terciptanya ekosistem pendidikan yang sehat. Agar orang tua mau terlibat, menurut Mendikbud, sekolah harus menyampaikan informasi-informasi yang penting diketahui orang tua terkait pendidikan anak-anaknya. “Kalau orang tua merasakan manfaat, pasti dengan suka rela akan melibatkan diri,” ujar mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut.
Mendikbud menyampaikan ide agar sesekali perlu mendatangkan pakar pendidikan keluarga untuk berbicara di hadapan para orang tua. “Dapat saja yang mengundang pakar tersebut dinas pendidikan,” tambah Anies. Diharapkan para pakar pendidikan keluarga dapat menginspirasi dan menyampaikan praktik-praktik baik tentang proses pendidikan di keluarga.
Anies menambahkan, salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meningkatkan peran keluarga dalam pendidikan anak adalah membentuk sebuah direktorat untuk menangani pendidikan keluarga. “Saat ini Kemendikbud memiliki direktorat baru, namanya Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, diharapkan segera hadir panduan-panduan tentang pendidikan anak dalam keluarga,” kata Anies.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s