Bantuan Siswa Miskin (BSM) akan berubah menjadi Program Indonesia Pintar (PIP)


044973400_1415087790-kartu_indonesia_pintar_dan_sehat_copyMuhaka Online — Sejak Bp. H. Ir. Joko Widodo, presiden baru kita dilantik pada tanggal 20 Oktober 2014, berbagai program baru mulai dicanangkan. Termasuk perubahan program beasiswa Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang sekiranya dulu telah berlangsung lama akan berubah menjadi Program Indonesia Pintar (PIP).

Sebelumnya, dalam kampanyenya, Bp. H. Ir. Joko Widodo berjanji akan memberlakukan program Kartu Indonesia Pintar dalam konsep pendidikan, sementara Kartu Indonesia Sehat di kesehatan. Dua program itu merupakan hasil pengembangan Kartu Jakarta Pintar dan Kartu Jakarta Sehat yang pernah beliau terapkan di Jakarta ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Konsep Kartu Indonesia Pintar bukan hanya nantinya menjangkau siswa benar-benar miskin tetapi juga anak usia sekolah yang rentan miskin.

Menurut Menteri Kebudayaan dan Pendidikan, Dasar Menengah Anies Baswedan mengakui bahwa data yang digunakan saat ini masih menggunakan data lama yang berbasis sekolah, “Jadi dengan demikian data yang kita miliki itu harus kita perluas. Kalau kemarin datanya berbasis sekolah. Kalau ke depan datanya harus berbasis keluarga, dari keluarga miskin dan rentan miskin, mempunyai anak yang berusia sekolah mereka berhak mendapatkan bantuan. Nah ini PR yang harus berjalan,” ujarnya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (7/11/2014).

Namun demikian secara prosedur perubahan secara nasional program BSM menjadi PIP/KIP di akhir tahun ini dan 2015 masih menggunakan data berbasis sekolah dalam hal ini Dapodik sebagai satu-satunya data pokok pendidikan nasional, maka diintruksikan kepada seluruh sekolah agar memasukkan dan melengkapi data anak penerima BSM (Bantuan Siswa Miskin) atau penerima KJS (Kartu Penjaminan Sosial) pada database lokal aplikasi dapodik, yang kemudian segera untuk melakukan sinkronisasi data tersebut ke kementrian. Sehingga data tersebut akan menjadi acuan untuk diterbitkannya Kartu Indonesia Pintar tahun 2015.

berikut edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.

 Pemberitahuan-Dapodik-untuk-BSM-KIP-1

sumber :
1. http://dikdas.kemdikbud.go.id
2. liputan6.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s