Dapodik Sebagai Rujukan Perumusan Kebijakan dan Program


Mendikbud_0Muhaka – Jakarta, Kemdikbud —  Kehidupan masyarakat Indonesia yang demokratis dan partisipasi publik yang semakin tinggi dalam setiap aspek pembangunan nasional mendorong pemerintah untuk melakukan berbagai terobosan melalui kebijakan dan program. Namun berbagai terobosan tersebut tidak akan berjalan tanpa didukung oleh pendataan yang sahih sesuai dengan kondisi dilapangan. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, pada acara peluncuran dua layanan pendidikan berbasis TIK, yakni Kuliah Daring dan Dapodik, di kantor Kemdikbud, pada hari Rabu (15/10/2014).

“Menjawab ketersediaan data yang sahih, Kemdikbud melakukan terobosan dengan menyediakan data pokok pendidikan (Dapodik) berbasis dalam jaringan (daring),” tutur Mendikbud. “Data sahih yang didapat adalah sebagai rujukan perumusan kebijakan dan program seperti pemberian beasiswa, dan peningkatan angka melanjutkan dari satu jenjang ke jenjang berikutnya,” tambahnya.

Untuk mendapatkan data yang sahih, maka penyusunan data tersebut dibagi dalam tiga tahap yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kemdikbud, yaitu tahap pengumpulan, tahap pengelolaan, dan tahap pendayagunaan. Data-data tersebut dikumpulkan dari berbagai sumber, yaitu Direktorat Jenderal PAUDNI, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Setelah data tersebut dikumpulkan, maka diintegrasikan serta diverifikasi dan validasi oleh PDSP.

Mendikbud mengatakan salah satu keunggulan dari sistem Dapodik yang diluncurkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) Boediono antara lain adalah tersedianya informasi identitas tunggal siswa. Melalui identitas tunggal siswa diharapkan dapat diketahui perkembangan siswa mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan jenjang pendidikan tinggi.Selain itu juga dapat diketahui status siswa tersebut apakah masih bersekolah atau putus sekolah. Bahkan lebih jauh dapat diketahui juga perkembangan prestasi belajar siswa.. (Seno Hartono)

sumber : http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/3365

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s