Aplikasi Installer Dapodikdas v 2.0 Tahun 2013


DAPODIKDASSetelah beberapa kali uji coba pada bulan Agustus dan September yang lalu, akhirnya Aplikasi Dapodik 2013 atau Dapodikdas v 2.0 (build 0110130917) yang sangat di tunggu-tunggu oleh semua operator dapodik Tanah Air resmi di rilis pada tanggal 1 Oktober 2013 bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila.

Aplikasi Installer Dapodikdas v 2.0 ini berjalan di Browser melalui localhost. Jadi untuk membukanya, pastikan komputer/laptop sudah upgrade dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan yang pastinya sudah memiliki browser.

Aplikasi Dapodikdas 2013 dapat dijalankan secara offline, namun untuk pengiriman ke server dapodikdas pusat wajib terhubung dengan internet dengan koneksi yang stabil.

Untuk mendapatkan aplikasi installer Dapodikdas v 2.0 (build 0110130917) ini, silahkan langsung menuju ke situs resminya di http://118.98.166.59/laman/unduh.

Untuk Kota Surakarta sendiri telah dilakukan sosialisasi secara menyeluruh baik tingkat SD sampai dengan SMP di Kota Surakarta, Acara yang dilaksanakan secara marathon dari mulai tanggal 16 Oktober 2013 sampai dengan 19 Oktober 2013.

Langkah Penginstalan :

  • Buat Folder prefill_dapodik di direktori C:\ dan copykan data prefill ke dalam folder tersebut. Prefill dapat di unduh pada laman http://118.98.166.59/laman/unduh.
  • Install software dapodikdas versi terbaru. Jangan lupa aktifkan Pacth terbaru versi 2.0.2 yang juga  bisa diunduh di laman http://118.98.166.59/laman/unduh.
  • Gunakan kode registrasi untuk mengaktifkan aplikasi yang telah di install.
  • Jangan lupa untuk terus berkoordinasi dengan tim Asistensi DAPODIKDAS Kota Surakarta di fb : https://www.facebook.com/groups/OperatorDIKDASKotaSurakarta/
  • Untuk kode registrasi dapat menghubungi koordinator wilayah masing-masing.

Masalah yang sering dihadapi pada saat penginstalan :

  • Operating System yang tidak sehat. Solusi : Gunakan Operating System yang sehat dengan mematikan fungsi antivirus, firewall dan security. Setelah aplikasi terinstall baru dapat diaktifkan kembali.
  • Karena menggunakan aplikasi WEB base, maka non aktifkan aplikasi web local server, seperti Wampp, Xampp, apache dan aplikasi yang sejenis.
  • Operating System yang direkomendasikan adalah Windows7 / Windows XP-SP2.

Selamat bekerja. Salam Operator.

By admin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s