Penghapusan UN SD sejalan kurikulum baru


Kiki Agustiani terpaksa membawa adeknya saat Ujian Nasional (UN) di SDN Kemurang Kulon 2, Tanjung, Brebes, Jateng, Rabu (8/5). Kiki Agustiani (12) anak ketiga pasangan Kastiah (35) dan Sultoni (40) membawa adeknya yang masih bayi Aulia Putri (5 bulan) ke sekolahnya untuk mengikuti UN, karena kedua orangtuanya bekerja merantau dan buruh tani. (FOTO ANTARA/Oky Lukmansyah)

Muhaka Online – Pakar dan konsultan pendidikan Munif Chatib menilai penghapusan ujian nasional sekolah dasar (UN SD) mulai 2014 sejalan dengan kurikulum baru yang akan diterapkan Juli 2013.

“Dengan penerapan kurikulum pendidikan yang baru, pelaksanaan UN menjadi tidak penting lagi. Harusnya bukan hanya UN SD yang dihapus, namun untuk seluruh jenjang,” katanya di Semarang, Kamis.

Munif mengungkapkan sangat mengapresiasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32/2013 tentang Perubahan Atas PP Nomor 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang salah satunya mengatur penghapusan UN SD.

“Saya sudah dengar itu. Ada PP baru, UN SD `bye-bye`. Pelaksanaan UN memang tidak sejalan dengan kurikulum baru yang tematik integratif. Kan tidak mungkin tematik integratif dievaluasi lewat UN,” katanya.

Ia menilai penerapan kurikulum baru sebenarnya menjadi jalan masuk untuk penghapusan UN seluruh jenjang pendidikan, sebab cara evaluasi pada kurikulum baru menggunakan pola “authentic assessment”.

Menurut dia, sistem evaluasi model `multiple choice` (pilihan ganda) sebagaimana UN tidak “nyambung” dengan kurikulum baru sehingga dirinya yakin nantinya UN SMP dan SMA sederajat juga akan dihapuskan.

sumber : www.antaranews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s