Malam Karantina Hari Ketiga


kh306Muhaka Online — Menjelang ujian nasional di hari ketiga, malam karantina ini dihadiri hampir seluruh siswa kelas VI. Tampak orang tua / wali murid ikut mendampingi putra-putrinya. Seperti malam-malam sebelumnya, malam karantina ini diawali dengan penambahan materi sejak pukul 16.00 wib sore tadi. Dilanjutkan dengan sholat Maghrib, sholat Isya dan diakhiri dengan sholat Lail secara berjamaah.

Akhir acara sedikit kultum disampaikan oleh Bp. Suyanto S.Ag., M.PdI., selaku kepala sekolah. Beliau menggambarkan tugas belajar para siswa sebagai konsep trilogi belajar. Yaitu belajar sebagai ibadah, belajar sebagai amanah, dan belajar sebagai rahmah. Belajar sebagai ibadah adalah kesadaran diri untuk belajar dengan memahami bahwa belajar adalah tugas Ilahi yang disandang manusia sebagai kholifah di bumi dan nilai keuntungannya akan kembali kepada diri sendiri, seperti konsep ibadah lainnya (sholat, puasa, zakat, sedekah, haji dan lain sebagainya). Belajar sebagai amanah adalah kesadaran diri dalam memahami bahwa belajar adalah tugas dari orang tua untuk mencari ilmu sebanyak-banyak, dan kita sebagai pengemban amanah harus mampu menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. Bukankah mereka telah menjamin semua kebutuhan hidup kita. Dan belajar sebagai rahmah adalah kesadaran diri bahwa ilmu yang diraih kelak akan berguna untuk kebaikan diri sendiri, keluarga, orang lain serta masyarakat luas. Kebaikan itu merupakan rahmah dari Allah SWT.

Beliau pun berpesan bahwa belajar tidak hanya karena tetapi kata “karena” dirubah dengan kata “walaupun”. Ini berarti bahwa apapun yang terjadi dalam menuntut ilmu adalah sebuah keharusan “nrimo” dengan segala resiko kesulitannya, disetiap waktu dan disetiap saat. Kuncinya ada pada ikhtiar dan doa.

Semoga besok mereka dapat mengerjakan tugas ujian nasional di hari terakhir dengan baik, lancar tidak menemui kendala.

berikut galeri foto kegiatan malam karantina di hari terakhir.

kh303kh302kh308kh309kh311kh313kh312

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s