Indonesia Berkarakter. Indonesia Aku Bangga


Jakarta — Pembentukan karakter bangsa sengat penting agar masyarakat dan generasi muda tidak gampang terombang-ambing oleh masuknya budaya asing. Karena itu diperlukan upaya untuk kembali membangkitkan dan memperkuat tradisi dan budaya sendiri. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan akan melakukan upaya Penguatan Karakter Bangsa di kalangan generasi muda, salah satunya dengan menyelenggarakan Sosialiasi dan Kampanye Media di sejumlah daerah di tanah air.

Sosialisasi dan Kampanye Media untuk Pembangunan Karakter Bangsa tersebut mengambil tema besar “Indonesia Berkarakter: Indonesia, Aku Bangga!” Salah satu bentuk sosialisasinya adalah dengan diskusi dan pemutaran film-film yang terkait dengan pembentukan karakter bangsa. Diskusi dan pemutaran film akan diselenggarakan di sejumlah kota, di antaranya: Palembang, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Palangkaraya, Makassar, Denpasar, Bali, dan Jayapura.

Film-film yang akan diputar adalah film documenter mengenai warisan dunia (World Heritage) yang dimiliki Indonesia, seperti Subak, Batik, Wayang, Prambanan, Keris, Sangiran, dan Noken. Noken adalah budaya asli Papua dalam bidang kerajinan tas yang merupakan hasil dari daya cipta, daya rasa dan daya karsa atas dasar kemahiran manusia. Mama-mama perajin dan kaum pria noken anggrek mengasah kemampuan dalam membuat noken dan kerajinan tangan lainnya bersama masyarakat adat Papua dari masa ke masa dari zaman leluhur. Di setiap wilayah Papua, nokennya pun memiliki ciri tersendiri.

Dalam jumpa pers di Gedung A Kemdikbud, (28/11), Wakil Mendikbud bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti mengatakan, pada 4 Desember mendatang akan berlangsung sidang UNESCO di Paris, Perancis, untuk menentukan apakah Noken akan diputuskan sebagai warisan budaya dunia. Jika berhasil, maka hal tersebut akan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan masyarakat Papua pada khususnya. (DM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s