Karantina Menjelang Ujian Nasional


Ujian Nasional akan berlangsung besok. Tepat pukul 08.00 wib, semua siswa kelas 6 sekolah dasar di seluruh penjuru nusantara serentak mengerjakan soal-soal tertulis yang telah disiapkan oleh kementrian pendidikan nasional. Ujian nasional ini sebagai indikator keberhasilan pendidikan di tingkat dasar.

Walaupun program pendidikan dasar yang dicanangkan oleh pemerintah harus dilampaui adalah 9 tahun tetapi  evaluasi pencapaian ditingkat dasar selama 6 tahun masih dijadikan indikator keberhasilan apakah penanaman konsep pendidikan dini lewat sekolah dasar bisa dipahami oleh anak-anak usia sekolah.  Persaingan di  tingkat sekolah dasarpun masih begitu tinggi,  setiap sekolah dasar menggunakan cara dan metode yang beraneka dalam rangka menghasilkan mutu anak didiknya menjadi yang terdepan dan berprestasi.

Keberhasilan mereka adalah momentum keberhasilan baik cara dan metode yang dilakukan sekolah tersebut di mata masyarakat. Yang tentunya berimbas pada kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan putra-putri mereka di sekolah tersebut.

Sejak dulu program karantina ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta. Hal ini dilakukan agar di waktu sore hingga malam hari dalam mempersiapkan diri mereka bisa terkontrol aktifitasnya. Acara dimulai dengan doa kemudian pendalaman materi ujian yang akan dihadapi hari besuknya dilanjutkan dengan sholat maghrib berjama’ah, makan malam,  dan  ditutup dengan sholat isya berjama’ah diakhiri sholat malam dan doa bersama.

Diharapkan siswa-siswi ketika sampai di rumah bisa beristirahat penuh, dan siap menghadapi ujian di hari besuknya. Karantina ini berjalan selama ujian nasional dilangsungkan tiga hari berturut-turut mulai ba’da ashar hingga pukul 09.00 malam.

Acara ini dibawah pembinaan langsung oleh Majelis Dikdasmen serta dipandu para guru pengampu kelas VI. Sebagai pengawas bapak Kepala Sekolah dan para Wakil Kepala Sekolah, pun ikut bersama-sama memanjatkan doa agar para siswa berhasil dalam ujiannya.

Selamat berjuang anak-anak ku semoga kalian berhasil dunia dan akherat. Jangan tergoda dan terjerumus dalam hal-hal yang dilarang Allah. Sebab Dia Maha Melihat lagi Maha Mengetahui. Mintalah petunjuk dan jalan keluar, sebab Allah akan memberi petunjuk bagi orang-orang yang meminta kepadaNya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s