DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI KOTA SOLO KE-267, KEPALA SEKOLAH MENGGUNAKAN BESKAP KEJAWEN.


Dalam rangka hari jadi kota solo yang ke-267. Dan dimulainya sosialisasi kebijakan Pemkot Surakarta mengenai  penggunaan baju tradisional jawa bagi PNS setiap hari Kamis, maka hari ini Bapak Parimin Tejo Pramono, S.Pd., selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta memulainya dengan menggunakan pakaian kejawen yang biasa disebut pakaian beskap sebagai bentuk dukungan atas kebijakan tersebut. “Selamat hari jadi Kota Solo”, begitu ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memang memberlakukan pakaian seragam baru bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS). Tak seperti busana kerja pada umumnya, seragam baru ini bermodel kebaya bagi PNS perempuan dan beskap landhung bagi laki-laki. Pakaian seragam baru ini wajib dikenakan setiap hari Kamis, menggantikan seragam batik Kresna yang sudah diterapkan sejak beberapa tahun lalu.

Menurut beliau penggunaan baju tradisional kejawen ini merupakan pendidikan karakter yang tepat bagi guru dan murid dalam melestarikan kebudayaan jawa khususnya kebudayaan yang ada di kota Surakarta. Siapa lagi yang akan melestarikan bila tidak dimulai dari sekarang, begitu inti pesan yang ingin beliau sampaikan.

Pakaian Beskap adalah pakaian tradisional jawa yang telah dipakai turun-temurun sebagai simbol kebesaran. Pada jaman dahulu pakaian ini dipakai oleh pembesar-pembesar kerajaan dalam kegiatan resmi kenegaraan.

Menurut sejarahnya “Beskap” yaitu sejenis kemeja pria resmi dalam tradisi Jawa Mataraman sering dikenakan pada acara-acara resmi atau penting.  Busana atasan ini diperkenalkan pada akhir abad ke-18 oleh kalangan kerajaan-kerajaan di wilayah Vorstenlanden namun kemudian menyebar ke berbagai wilayah karena pengaruh budayanya.

Beskap berbentuk kemeja tebal, tidak berkerah lipat, biasanya berwarna gelap, namun hampir selalu polos. Bagian depan berbentuk tidak simetris, dengan pola kancing menyamping (tidak tegak lurus). Beskap selalu dikombinasi dengan jarik (kain panjang yang dibebatkan untuk menutup kaki).

Beskap memiliki beberapa variasi yang berbeda potongannya.

jenis-jenis beskap antara lain :

–        beskap gaya Solo

–        beskap gaya Yogya

–        beskap gaya kulon

Sedangkan bila dilihat dari fungsinya, beskap terdiri dari Beskap krowokan yaitu adanya potongan pada bagian belakang, untuk mengantisipasi keberadaan keris dan Beskap landhung yaitu tidak terdapat potongan bagian tersebut. Seragam yang dikenakan PNS kota Surakarta setiap hari kamis adalah seragam Beskap landhung.

by admin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s