Efek Halo Matahari (Cincin Matahari) Terjadi Di Solo Hari Ini


Fenomena halo Matahari juga terjadi di Solo sekitar pukul 09.00 wib s.d 12.00 wib. Fenomena ini disebabkan oleh pembiasan kristal es di lapisan awan Cirrus,  kristal tersebut membiaskan cahaya matahari bagaikan prisma. Cahaya yang terurai tampak membentuk cahaya pelangi yang melingkari matahari.  Warna hitam di antara matahari dan cincin hanya akibat efek kontras (sumber: Tempo Interaktif).

Fenomena halo juga bisa terjadi saat malam hari ketika muncul bulan purnama. Halo berasal dari bahasa Inggris yang berarti lingkaran cahaya bisa disebut juga nimbus, icebow, atau Gloriole.

Mengapa terjadi demikian?? Jawabannya adalah dalam kondisi yang sangat dingin, kristal-kristal es bisa terbentuk di awan Cirrus, yaitu awan tinggi dengan ciri-ciri tipis, berserat seperti bulu burung dan terdapat kristal-kristal es.  Awan sirus terbentuk ketika uap air membeku menjadi kristal es pada ketinggian diatas 8000 meter [8 km] di atas permukaan bumi. Wilayah yang kebetulan sinar matahari /bulan terhalang oleh awan Cirrus tersebut akan melihat fenomena halo.

Menurut pakar, peristiwa di langit yang jarang terjadi itu bukanlah pertanda bahaya, hanya fenomena alam biasa. Jadi jangan takut dan kuatir.

Cek juga album fotonya!

diposkan oleh : Admin

Iklan

2 thoughts on “Efek Halo Matahari (Cincin Matahari) Terjadi Di Solo Hari Ini”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s