Awan Panas Yang Berbahaya


Muhaka Online – Siapa dan apa pun tampaknya sulit selamat dari awan panas yang mengandung abu vulkanik. Partikel hasil buangan dari perut bumi ini mengempaskan benda-benda di sekitarnya dengan begitu mudah. Awan dan abu vulkanik berasal dari erupsi lahar gunung berapi.
Seperti namanya, ukurannya menyerupai abu, hanya dua milimeter. Yang paling besar antara 100-300 milimeter. Yang berukuran 100 milimeter dapat dengan mudah menghancurkan atap rumah atau menggoyahkan fondasi.

Sedangkan yang berukuran 300 milimeter akan merusak seluruh vegetasi dalam hitungan detik, mengeringkan aliran sungai dan merusak jalan.

Dihempaskan getaran gunung yang bergejolak dan angin, menyebabkan abu ini dapat terbang dan tersebar dengan kecepatan 80-200 kilometer per jam. Suhunya mencapai 800-1.500 derajat celsius.

Dapat menyebabkan mesin-mesin rusak dan tidak berfungsi. Termasuk kematian bagi manusia dan mengontaminasi lingkungan. Maka itu banyak ahli yang menyebut abu vulkanik ini ibarat magma cair yang disemprotkan ke udara.

Komposisi abu vulkanik terdiri dari tiga zat; gas yang berasal dari magma, panas yang berasal dari pertemuan magma dan tanah/air yang dilaluinya, batu, dan silika (bahan baku kaca).

Awan panas dan beracun itu berasal dari pencampuran sulfur dioksida, karbon dioksida dan hidrogen flourida. Bila mengenai manusia, dapat mengakibatkan kebutaan, kulit rusak kronis (terbakar) dan gangguan sistem paru-paru (pernapasan).

Abu vulkanik dapat mengudara hingga lapisan troposfer (8-12 kilometer di atas permukaan laut). Di sana, dapat mengendap selama beberapa minggu dan mengubah cuaca secara lokal. Sayangnya, terjadinya abu dan hawa panas vulkanik ini tidak dapat diprediksi kapan terjadinya.

sumber : http://www.koran-jakarta.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s