Membaca AlQur’an Kegiatan Rutin Setiap Pagi


Kegiatan rutin yang tidak pernah tertinggal bagi siswa-siswi SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yaitu Mengaji AlQur’an setiap pagi. Program ini bertujuan agar para siswa fasih membaca dengan bacaan yang benar. Kegiatan ini berlaku untuk semua siswa dari kelas I hingga kelas VI. Menurut Ibu Yayuk Samawati, S.PdI., salah seorang guru Al Islam dan Kemuhammadiyahan, tujuan dari pembelajaran di pagi hari adalah menunjang terutama hafalan Juz ‘amma sehingga diharapkan lulus nanti mereka sudah hafal Juz ‘amma dengan kaidah-kaidah bacaan yang benar.

“Untuk Kelas I dimulai dari bacaan Al Fatihah sampai dengan Al Humazah, Kelas II dilanjutkan sampai dengan Al Qori’ah, Kelas III sampai surat Ad Duhaa, Kelas IV sampai surat Asy Syams, Kelas V sampai surat Insyiqoq, Kelas VI sampai surat An Naba’. Selain itu juga surat Al Baqoroh dan bacaan sholat yang benar,” kata Ibu Yayuk Samawati, S.PdI., melanjutkan.

Sebagai sekolah bernuansa Islam menghafal AlQur’an ciri khas dalam pendidikan. Tetapi dalam Pendidikan Islam dan Kemuhammadiyahan belum pada taraf penekanan harus menghafal, karena di tingkat dasar baru sebatas mengenalkan serta membaca dengan kaidah bacaan yang benar. Dan pembelajaran AlQur’an sebenarnya tidak hanya di sekolah saja, tetapi dihimbau untuk para orang tua murid untuk selalu terus membimbing pembiasan membaca AlQur’an ketika mereka ada di rumah, begitu ujarnya.

dipostkan oleh: Intoni Yoga

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s